BERORGANISASI UNTUK BERAMAL

SELAMAT DATANG

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Kamis, 08 April 2010

DI TENGAH SIBUKNYA MAHASISWA KESEHATAN




Dikalangan fakultas dan jurusan di berbagai kampus di kota Banjarmasin ini, jurusan yang paling sibuk dan sangat asik dengan dunianya sendiri adalah jurusan kedokteran, keperawatan, kebidanan, dan farmasi. Hal ini dikarenakan setiap harinya mereka melaksanakan kuliah dengan jadwal yang sangat padat dan menguras banyak pikiran. Salah satunya mahasiswa keperawatan dan kebidanan, jadwal kuliah harian mereka sangatlah padat. Bisa di bayangkan, jadwal kuliah mereka yaitu dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore dan terkadang sampai dengan jam 9 malam (pada hari-hari tertentu) dan juga pelaksanaan kuliah dari hari senin sampai jum’at bahkan sabtu. Sangat berbeda dengan jurusan dan fakultas dari kampus lain, seperti keguruan ataupun ekonomi yang memang tidak memiliki jadwal padat seperti itu. Namun di tengah padatnya jadwal kuliah, salah satu kampus kesehatan yaitu SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH BANJARMASIN atau lebih dikenal dengan STIKes MB, dapat membuktikan bahwa waktu yang sibuk bukan penghalang dalam melaksanakan kegiatan keorganisasian. Kampus yang berlokasi dekat dengan Rumah Sakit Islam Banjarmasin ini sangat terkenal dengan ciri khas kata-kata”the professional health campus” yaitu membentuk mahasiswa kesehatan yang professional di bidangnya.



Dalam kesibukan yang luar biasa, ternyata mahasiswa-mahasiswa STIKes MB masih bisa melakukan kegiatan keroganisasian salah satunya di bidang sosial kemasyarakatan. Lebih dikenal dengan UKM Sosial kemasyarakatan atau baksos yaitu suatu organisasi yang mengabdikan kemampuan dan pemikirannya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat di bidang kesehatan seperti melakukan penyuluhan kesehatan di sekolah-sekolah, masyarakat serta panti asuhan di Banjarmasin. organisasi ini melaksanakan kegiatan 2-4 kali dalam 1 bulan dan memiliki 4 program utama yaitu panti asuhan, sekolah dan masyarakat dan satu program sering disebut program dadakan yaitu seperti bagi-bagi brosur kesehatan dan nantinya di adakannya senam lansia. Menurut mereka begitu banyak panti asuhan dan juga sekolah-sekolah yanhg menantikan kehadiran mereka duntuk emlakukan penyuluhan kesehatan di tempatnya karena memang misi mereka adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kesehatan di masyarakat, sekolah, dan juga panti asuhan yang terkadang dipinggirkan oleh perhatian pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya foto-foto kegiatan yang mereka punya.

Ditengah kesibukan sebagai mahasiswa Stikes Muhammadiyah banjamasin, mereka masih bisa merancang kegiatan yang sederhana namun memiliki nilai manfaat yang tinggi serta memberikan rasa kepedulian yang tinggi terhadap dunia kesehatan di kota Banjarmasin .
“Sesibuk apapun seorang mahasiswa pasti memiliki waktu senggang dan apabila waktu senggang itu di gunakan untuk memikirkan serta melakukan kegiatan untuk memajukan kampusnya,maka ia akan berusaha aktif dalam kegiatan tersebut”. Ucap Rahmani ketua UKM bidang Sosial Kemasyarakatan mahasiswa jurusan S1-Keperawatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin semester 6.


Kegiatan yang dilakukan oleh UKM sosial kemasyaraktan yang berada di bawah kendali dari BEM STIKES Muhammadiyah Banjarmasin ini sangat menunjang sekali terhadap profesi yang mereka ambil saat ini. Tidak hanya itu, kegiatan organisasi ini juga lebih mementingkan nilai kebersamaan dan kesenangan dalam berorganisasi.
“organisasi di bawah bimbingan ka Rahmani ini, lebih mementingkan kekeluargaan dan juga berorganisasi merupakan tempat mahasiswa untuk mengeluarkan inspirasi dan juga tempat tinggal ke 3 setelah kampus dan rumah serta organisasi bukan tempat membuat stress tapi menghilangkan kepenatan dan kejenuhan selama seminggu kuliah, itulah yang beliau ajarkan kepada kami” ucap Lisa mahasiswa D3 Keperawatan International yang menjadi Anggota di organisasi ini.


Pada saat kegiatan yang dilakukan di Panti Asuhan banyak nilai moral yang didapatkan anggota organisasi ini, sampai-sampai meneteskan air mata ketika mengetahui keadaan panti asuhan yang memang minim dari perhatian berbagai pihak yang seharusnya memperhatikan mereka.
 
“gara-gara saya sering melakukan kegiatan penyuluhan di Panti asuhan, tidak taunya malah dipilih dosen saya yaitu pa Yustan untuk mewakili kawan-kawan saya mempresentasikan hasil Praktek kesehatan masyakata desa kami kemaren di Kabupaten Gunung Kidul, semoga saja kedepannya ada regenerasi dari saya terutama anak-anak baksos” ucap Rahmani sambil mengusap-usap kepalanya.

Harapan dari organisasi ini, semoga derajat kesehatan dikota Banjarmasin meningkat dari tahun ke tahun dengan adanya kegiatan Sosial Kemasyarakatan ini dan pemerintah kota Banjarmasin bisa ikut serta membantu kegiatan bermanfaat ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar